IIK NU TUBAN

3 Aktivitas Menyehatkan yang Bikin Bosan Berkurang Selama di Rumah Saja

Oleh Setya Nur Laila Wati – 19.12.2.149.077

Selama pandemi COVID-19, sebagian besar kegiatan mulai dari bekerja, bersekolah, dan lain sebagainya dianjurkan untuk dilakukan di rumah saja. Hal tersebut tentunya dapat membuat jenuh dan bosan.

Kebosanan timbul diakibatkan oleh terlalu lamanya melakukan segala sesuatunya di dalam rumah. Ditambah lagi pekerjaan kuliah maupun pekerjaan kantor yang diberikan cukup melelahkan. Bertambahnya pekerjaan yang diberikan dan juga jadwal penyelesaian tugas yang relatif singkat dibanding sebelumnya membuat sebagian orang semakin merasa lelah, jenuh, dan bosan.

Biasanya untuk mengurangi bosan dengan pekerjaan-pekerjaan kuliah maupun kantor atau pekerjaan lainnya sebagian orang memilih untuk menghabiskan waktunya di luar rumah seperti jalan-jalan atau berlibur. Akan tetapi, hal tersebut tidak bisa dilakukan karena melihat kondisinya yang tidak memungkinkan untuk melakukan aktivitas terlalu banyak di luar rumah, karena kondisi saat ini dianjurkan untuk tetap di rumah agar tidak terpapar virus serta guna memutus mata rantai penyebaran virus.

Meski di rumah saja usahakan menjaga tubuh untuk tetap sehat agar tidak mudah terjangkit penyakit. Agar tubuh tetap sehat dan kuat dalam menghadapi pandemi ini, jiwa pun harus tetap sehat dan kuat karena tubuh sehat berasal dari jiwa yang sehat pula. Kurangi rasa bosan agar jiwa kita tidak lemah, karena rasa bosan dapat mempengaruhi jiwa kita. Lakukan aktivitas-aktivitas menyehatkan meski di rumah saja. Untuk mengurangi rasa bosan, berikut ini aktivitas menyehatkan yang dapat dilakukan meski di rumah saja :

1.) Melakukan Pekerjaan Rumah Tangga

Melakukan pekerjaan rumah tangga ternyata memiliki manfaat yang menyehatkan. Ada banyak pekerjaan rumah tangga yang bisa membuat tubuh menjadi lebih sehat seperti mencuci piring. Ternyata dengan mencuci piring dapat menurunkan kecemasan, kegelisahan, dan rasa tidak nyaman. Mengapa demikian? karena, jika perhatian terpusat pada suhu air, aroma sabun, dan pada saat menyentuh piring dapat membuat pikiran kita menjadi lebih tenang sehingga kecemasan, kegelisahan, dan rasa tidak nyaman yang timbul dari kebosanan menjadi berkurang, dan sama halnya dengan rasa bosan pun juga ikut berkurang.  Dengan melakukan pekerjaan rumah tangga, selain mengurangi rasa bosan juga bisa mendapatkan manfaat yang menyehatkan karena rumah menjadi bersih, nyaman, dan membuat udara dalam rumah menjadi lebih segar.

2.) Berkebun

Sebagian orang biasanya melakukan kegiatan berkebun ketika memiliki waktu luang di sela-sela kesibukannya. Dengan melakukan kegiatan berkebun Anda dapat memproduksi bahan kebutuhan pangan sendiri seperti sayuran dan buah-buahan. Selain dapat memproduksi kebutuhan pangan sendiri, berkebun juga dapat mempercantik halaman rumah. Dengan berkebun, dapat membuat kesehatan tubuh dan mental menjadi lebih baik karena dapat mengurangi bosan sehingga stres bisa terhindarkan dan meningkatkan pikiran positif serta meningkatkan sistem imun. Sehingga berkebun merupakan aktivitas menyehatkan yang dapat mengurangi rasa bosan saat di rumah saja selama pandemi.

3.) Berolahraga

Berolahraga dapat dilakukan meski di rumah saja. Luangkan waktu anda selama 15 menit untuk berolahraga. Lakukan kegiatan seperti jalan-jalan mengelilingi rumah, naik turun tangga, ataupun lari di tempat serta anda juga dapat melakukan gerakan senam dengan menonton video senam di internet. Hal tersebut dapat membuat tubuh menjadi sehat dan dapat mengurangi sedikit kepenatan dan rasa bosan yang timbul akibat sering berhadapan dengan berbagai tugas-tugas yang menumpuk.

Berolahraga di rumah tidak harus melakukan gerakan yang berat. Melakukan kegiatan yang ringan pun tidak masalah, asalkan tubuh merasa nyaman dan tidak menyita waktu untuk kegiatan lainnya. Ketika berolahraga anda juga dapat melakukannya di teras atau halaman rumah sembari terpapar sinar matahari. Selain membuat tubuh sehat dan kuat dalam meningkatkan sistem imun agar tidak mudah terjangkiti penyakit. Kegiatan tersebut dijamin dapat membuat bosan berkurang.

Rasa Bosan Itu Wajar!
Kebosanan yang menghampiri ketika segala sesuatu dilakukan dengan suasana, tempat, dan hal yang dihadapi tidak berubah atau tidak berganti. Akan tetapi, rasa bosan akan membuat hari-hari yang dilalui akan menjadi hambar dan membuat semakin jenuh.

Rasa bosan ketika terlalu lama di rumah saja merupakan hal yang wajar. Yang tidak wajar adalah sudah merasakan bosan tapi tidak melakukan aktivitas-aktivitas yang dapat mengurangi rasa bosan tersebut. Cobalah melakukan aktivitas-aktivitas yang menyehatkan agar rasa bosan berkurang, seperti yang sudah dibahas di atas.

Tetaplah di rumah saja dan jangan terlalu sering keluar rumah kecuali ada suatu hal yang penting atau mendesak. Ketika di luar usahakan tetap mematuhi protokol kesehatan. Tetap sabar menjalani segalanya di masa pandemi seperti saat ini dan semoga pandemi cepat berlalu. Tetap di rumah saja, kesehatan akan tetap terjaga.

3 Aktivitas Menyehatkan yang Bikin Bosan Berkurang Selama di Rumah Saja
Scroll to top