IIK NU TUBAN

Duta Gemar Ikan Kabupaten Tuban 2020

Dalam rangka mengampanyekan kegiatan peningkatan konsumsi ikan di Kabupaten Tuban, Dinas Perikanan dan Peternakan mengadakan kegiatan pemilihan duta gemarikan tahun 2020, kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 18 februari 2020 yang berlokasi di aula Dinas Perikanan dan Peternakan.

Saat saya mendapatkan Informasi pendaftaran yang diinfokan di WhatsApp grup mahasiswa STIKES NU Tuban, saya memutuskan untuk mendaftarkan diri.

Melihat dari banyaknya peserta yang mendaftar, dan fakta bahwa tak sedikit peserta yang jurusannya berhubungan dengan sektor tersebut seperti ‘Kelautan dan Perikanan’. Di titik itu saya sebagai mahasiswi Keperawatan STIKES NU TUBAN merasa kalah start dengan mereka. Namun itu tidak lantas membuat saya mundur, justru hal tersebut menjadi penyemangat saya agar belajar lebih giat lagi, saya me list pertanyaan-pertanyaan yang mungkin muncul dan mencari jawaban di buku-buku juga di Internet. Saya juga mempelajari tentang pasal-pasal yang berhubungan dengan sektor maritim dan masih banyak hal lain.

Saya ingin menunjukkan bahwa mahasiswi STIKES NU TUBAN tidak hanya bisa fokus di sektor kesehatan saja, namun juga memiliki wawasan yang luas dan dapat menguasai hal lain diluar jurusannya apalagi yang berhubungan dengan pemberdayaan potensi daerahnya.

Pada kegiatan ini saya dan teman-teman peserta diharuskan melakukan pendaftaran dengan mengirimkan persyaratan administrasi yang dilaksanakan mulai tanggal 20 Januari 2020 s/d 7 Februari 2020 untuk diseleksi oleh panitia, setelah proses pendaftaran dan seleksi administrasi, maka pada tanggal 11 Februari 2020 panitia mengumumkan 15 pasang peserta yang lolos ke seleksi ke tahap interview yang dilaksanakan pada 18 Februari 2020. Dan alhamdulillah nama saya, Putri Ayu Salsabila dari STIKES NU TUBAN tercantum didalamnya.

Di hari H dilakukan proses interview yang dihadiri oleh 4 orang juri yang memilki fokus penilaian yang berbeda-beda.

Yang pertama dari pengetahuan perikanan yaitu Ibu Umi Khulsum, A.Pi (Kepala Bidang Perikanan Tangkap), selanjutnya ada Bapak Suwanto, SE, MM (Kepala Bidang Pariwisata) yang menilai tentang kepribadian, dilanjut dengan Mbak Revindia Carina, S. Ikom, M. Ikom (Miss Tourism 2017 dan Presenter JTV) yang menilai tentang kemampuan komunikasi dan yang terakhir ada Mas Yudha Satria (Wartawan Radar Bojonegoro) yang menilai tentang pengetahuan umum para peserta.

Setelah dilakukan proses interview maka panitia mengumumkan 10 besar peserta yang lolos ke tahap seleksi performance, pada saat performance ini masing-masing peserta diberikan kesempatan untuk menjunjukkan bakat yang dimiliki seperti fashion show, menyanyi, pencak silat dll dihadapan para juri dan penonoton yang hadir.

Setelah peserta melaksanakan performance maka juri melakukan penilaian dan didapatkan Juara I, II dan III  putra – putri, untuk juara I putra diperoleh Moch. Syarif Hidayatulloh dari Universitas Negeri Surabaya dan Juara I Putri berhasil saya dapatkan.

Itulah cerita singkat proses kegiatan pemilihan duta Gemarikan Kabupaten Tuban yang saya ikuti. Gemarikan adalah Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan. Mengajak masyarakat gemar makan ikan mungkin terdengar sepele. Bahkan, bisa jadi, ajakan itu dianggap tak akan mendatangkan manfaat. Padahal, ajakan mengonsumsi ikan bisa menghasilkan lompatan yang dahsyat.

Jika makan ikan menjadi budaya, kualitas hidup bangsa Indonesia bakal meningkat karena kebutuhan proteinnya terpenuhi. Stunting bisa teratasi dan masyarakat Indonesia bisa menjadi masyarakat yang cerdas dan berkualitas.

Selain itu, budaya mengonsumsi ikan bisa mendongkrak kesejahteraan masyarakat, khususnya para nelayan, serta mendorong pertumbuhan ekonomi nasional.

Sebagai seorang Duta Gemarikan Kabupaten Tuban saya mempunyai tugas untuk mempromosikan hasil-hasil perikanan yang ada di Kabupaten Tuban mulai dari kuliner, potensi daerah dan wisata bahari serta mampu untuk mengajak masyarakat Kabupaten Tuban khususnya generasi milineal untuk gemar makan ikan sehingga tujuan peningkatan konsumsi ikan di Kabupaten Tuban dapat tercapai.

Jadi mari makan ikan dan sehat bersama mahasiswa/i STIKES NU Tuban!

Duta Gemar Ikan Kabupaten Tuban 2020
Scroll to top