IIK NU TUBAN

EFEKTIFITAS PIJAT REFLEKSI BAGI KESEHATAN

Oleh Hanatasya Ridha Deanira – 19.12.2.149.016

Seiring berjalannya waktu, muncul berbagai terapi yang dilakukan untuk kesehatan tubuh, salah satunya refleksologi atau dikenal dengan pijat refleksi. Pijat refleksi memiliki berbagai manfaat , sehingga menjadi pilihan bagi banyak orang. Selain itu, pijat refleksi dapat menjadi alternatif bagi orang yang tidak suka pengobatan menggunakan obat.

Refleksologi dapat disebut sebagai pijat refleksi, pijat refleksi sendiri merupakan pijat yang terfokus pada bagian tangan, kaki serta anggota tubuh lainnya. Bagian yang menjadi fokus utama pada anggota-anggota tubuh tersebut yaitu pada titik-titik syarafnya, maka tidak heran jika pijat refleksi masih berkaitan dengan pengobatan tusuk jarum karena sama sama berfokus pada titik-titik syaraf.

Dalam praktiknya, pijat refleksi dapat menggunakan berbagai media/alat, seperti tangan, plastik, kayu, karet, dll. Pijat refleksi dapat dikatakan sebagai metode pengobatan yang efesien dan efektif karena pijat tersebut ampuh dalam membuat otot yang tegang menjadi lebih rileks.

Manfaat yang kerap kali dirasakan setelah melakukan pijat refleksi yaitu berkurangnya rasa sakit pada tubuh seperti sakit kepala dan nyeri pada otot. Manfaat lain yang dapat diterima dan dirasakan yakni dapat mencegah datangnya berbagai penyakit, membantu mengurangi stress, tekanan darah tinggi,membantu dalam meningkatkan imunitas tubuh, membantu proses penyembuhan pada penyakit kronis dan pastinya memiliki manfaat yang baik bagi orang yang mengonsumsi obat-obatan secara berlebihan. Dengan melakukan terapi pijat refleksi ini dapat mengurangi kecanduan terhadap obat-obatan. Berikut manfaat lain pijat refleksi :

Manfaat Pijat Refleksi
1. Seseorang akan merasakan mental dan tubuhnya menjadi fresh dan segar kembali .
2. Menghilangkan stress, depresi dan tekanan mental lainnya yang dapat berisiko merusak sistem kekebalan tubuh. Hal tersebut sangat berbahaya karena dapat memudahkan tubuh terserang penyakit.
3. Rasa lelah dan malas dalam tubuh menjadi hilang dan kembali bugar.
4. Sistem keseimbangan tubuh menjadi sempurna
5. Sirkulasi darah lancar dan berjalan dengan baik,nutrisi dan sel-sel dalam tubuh pun mendapatkan oksigen yang banyak
6. Memberi dorongan pada usus besar, fungsi hati, paru-paru dan kulit selama proses pengeluaran racun dari dalam tubuh.

Jadi dapat disimpulkan bahwasannya pijat refleksi memiliki potensi yang sangat besar karena selain menjadi salah satu pilihan alternatif dalam pengobatan, pijat refleksi juga memiliki banyak manfaat lain, seperti mencegah datangnya penyakit, mengurangi rasa lelah, menjaga kebugaran tubuh, dsb. Oleh karena itu, melakukan pijat refleksi sangat dianjurkan bagi kesehatan.

EFEKTIFITAS PIJAT REFLEKSI BAGI KESEHATAN
Scroll to top