IIK NU TUBAN

FAKTA TENTANG BINAHONG

Oleh Lusiana – 19.12.2.149.023

Apa sih binahong itu ?

Binahong (Anredera cordifolia) adalah tanaman obat yang memiliki banyak khasiat dalam mengobati penyakit. Binahong dari zaman dahulu sampai sekarang dipakai sebagai obat herbal yang kaya akan manfaat bagi masyarakat. Semua bagian dari tanaman bilahong ini seperti akar, batang, dan daunya dapat dijadikan sebagai obat herbal. Tanaman binahong ini bisa hidup didataran tinggi maupun dataran rendah,bagi yang sudah tau akan manfaat binahong ,biasanya binahong ini ditanam dipekarangan rumah untuk dijadikan sebagai obat herbal karena mengandung anti oksidan yang tinggi. Untuk itu daun binahong sangat diburu oleh masyarakat karena bisa menyembuhkan berbagai macam penyakit dari yang berat sampai penyakit yang ringan. Pada binahong juga ini juga mengandung banyak senyawa yaitu :

  1. Flavonoid ,dialam daun binahong ini senyawa flavoid bekerja untuk menghambat pertumbuhan virus,bakteri dan jamur.
  2. Saponin ,Kandungan dari senyawa ini pada daun binahong berperan sebagai antitumor,antimikroba dan juga penurunan kadar kolestro yang tinggi. Senyawa ini pada daun binahong juga berperan sebagai pembentuk kolagen yang akan mempercepat penyembuhan atau pemulihan luka.
  3. Asam oleanolik ,kandungan asam oleanolik pada daun binahong ini dapat memberikan efek antiinflamasi yang dapat mengurangi nyeri pada luka bakar.
  4. Alkaloid, Senyawa ini berperan sebagai antioksidan, kandungan ini akan membantu meregenerasi sel kulit mati serta menangkal paparan dari radikal bebas.
  5. Askorbat,Asam askorbat akan mempermudah penutupan luka dan meminimalisir infeksi.

Khasiat Dari Daun Binahong

  1. melancarkan BAB dan BAK
  2. mencegah srtoke,maag, dan asam urat
  3. wazir (ambien)
  4. mengatasi anemia
  5. melancarkan peredaran darah
  6. mempercepat penyebuhan luka setelah oprasi
  7. Sariawan berat
  8. pusing pusing
  9. sakit perut
  10. penyakit kulit (gatal-gatal)
  11. penyakit batuk/muntah darah
  12. sesak nafas
  13. radang ginjal
  14. lemah syahwat
  15. gangguan fungsi jantung
  16. membuat wajah lebih cerah
  17. membuat kulit lebih kencang
  18. menghilangkan jerawat
  19. merawat rambut
  20. mencegah kulit dari radikal bebas

Efek Samping Dari Daun Bianhong
Dapat menyebabkan pusing ,gelisah,insomnia,sakit kepala,kurang nafsu makan,denyut jantung tidak teratur,kesemutan,kesulitan buang air kecil. Selain itu, Daun binahong juga tidak boleh dikonsumsi bersamaan dengan obat resep dokter,hindari mengunakan obat herbal ini jika anda memiliki riwayat alergi pada daun binahong ini,hindari jika anda sedang hamil atau menyusui.
Cara Penggunaan
Pengunaan daun binahong secra tradisional dapat dilakukan dengan merebus tanaman binahong kemudian air rebusan dapat diminum langsung. Ada juga beberapa orang memakan daunya beberapa helai secara langsung, ataupun menumbuk daun binahong dan ditempelkan pada bagian yang sakit atau bagian tubuh yang terdapat luka. Untuk penyembuhan penyakit dalam kategori berat dibutuhkan wakyu 1-6 bulan.
Pengunaan binahong dapat dipermudah dengan membuatnya dalam bentuk salep,krim dan gel. Sediaan salep memiliki beberapa kelebihan karena dapat melindungi permukaan kulit dari kontak langsung dengan rangsangan kulit,mudah dipakai dan sebagai efek anti inflamasi yang dapat menyejukkan.
Berikut ini cara pengunaan berdasarkan penyakitnya :

  1. paru paru : 10 lembar setiap hari
  2. gejala liver : 10 lembar tiap hari
  3. patah tulang : 1-15 lembar setiap hari
  4. kencing manis : 11 lembar setiap hari
  5. darah rendah : 8 lembar setiap hari
  6. radang ginjal : 7 lembar setiap hari
  7. gatal gatal : 9 lembar setiap hari
  8. gagar otak ringan atau berat : 10-15 lembar setiap hari
  9. luka akut yang menahun : 12 lembar setiap hari
  10. batuk darah : 10 lembar setiap hari.
FAKTA TENTANG BINAHONG
Scroll to top