IIK NU TUBAN

Lab Komunitas bentuk pengabdian pada masyarakat di Kec Merakurak

trendy6            Senin, 17 Februari 2014 lalu wakil Bupati Tuban Bapak Ir. H. Noor Nahar Husein, Msi membuka kegiatan Praktik Komunitas Terpadu mahasiswa STIKES NU Tuban sekaligus meresmikan Laboratorium Komunitas di Kecamatan Merak Urak tepatnya Desa Temandang.

Pendirian Laboratorium komunitas ini diharapkan akan menjadi mitra dan jembatan bagi Masyarakat dengan Puskesmas bersama dengan Desa untuk menuju kemandirian hidup sehat. Selain itu mahasiswa juga dapat mengaplikasikan ilmu secara langsung bersama-sama dengan memberdayakan masyarakat bertujuan meningkatkan pembangunan kesehatan nasional.

Upaya peningkatan kesehatan di kawasan Lagoratorium ini akan lebih berfokus pada tindakan promotif, preventif dan rehabilitatif sehingga yang dimaksudkan untuk mencegah terjadinya sakit pada masyarakat dan mendorong kemadirian kesehatan.

Segenap perangkat mulai dari Kepala Kecamatan dan Kepala Desa berikut perangkat desa yang bersangkutan langsung dengan komunitas ini menjelaskan bahwa segenap masyarakat menyambut hangat adanya laboratorium komunitas ini, bahkan mereka berharap bahwa ini akan menjadi pilot project bagi desa lain nantinya.

Mahasiswa yang menjalani praktik komunitas selama 2 minggu di desa yang sebagian besar penduduknya adalah petani ini telah mendapati masalah yang berpotensi terhadap terganggunya kesehatan dalam masyarakat dan berupaya melakukan musyawarah dan penyelesaian masalah bersama masyarakat.

Lab Komunitas bentuk pengabdian pada masyarakat di Kec Merakurak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top