IIK NU TUBAN

Manfaat Buah Manggis Untuk Kesehatan

Oleh Arkhama Dinda Ariana – 19.12.2.149.047

Apa yang kalian ketahui tentang buah manggis? Sebagian orang pasti sudah mengetahui apa itu buah manggis tetapi orang tidak mengetahui manfaat buah manggis untuk kesehatan .Buah Manggis (Garcinia mangostana L.) merupakan salah satu buah yang sangat banyak memiliki manfaat yang berguna bagi kesehatan tubuh kita. Buah manggis banyak disukai orang karena buahnya yang manis dan mudah didapatkan, bukan hanya buahnya yang bermanfaat kulit manggis juga banyak mengandung manfaat bagi tubuh kita meskipun kulit mangiss itu keras ternyata dapat juga menyembuhkan beberapa penyakit. Buah manggis adalah salah satu buah tropis yang banyak di jumpai di indonesia.
Buah manggis biasanya dikonsumsi remaja,anak-anak,dan orang tua karena rasa buah manggis yang manis dan menyegarkan banyak di sukai disemua kalangan. Buah manggis juga di sebut buah yang banyak manfaat dibandingkan buah yang lain. Buah manggis juga bisa dikonsumsi oleh balita diatas 1 tahun. Buah manggis juga dapat bermanfaat untuk kecantikan wajah bukan hanya untuk kesehatan tubuh.Buah manggis disebut raja buah karena banyak sekali kandungan nya yang dapat bermanfaat untuk ditubuh.

Buah manggis juga mempunyai nutrisi yang sangat berguna untuk tubuh. Buah manggis mempunyai banyak kandungan yaitu karbohidrat yang dibutuhkan untuk tubuh sebagai sumber utama,kalori yaitu takaran energi yang ada didalam buah manggis,serat,protein yaitu sebagia pondasi penting dalam tubuh,lemak yanitu sebagai sumber energi didalam tubuh. Buah manggis juga mempunyai banyak vitamin yang bermanfaat untuk tubuh. Buah manggis mempunyai kandungan vitamin dan mineral yaitu vitamin C, B9 (folat), B1 (thiamin), B2 (riboflavin), mangan, tembaga, dan magnesium. Buah manggis juga memiliki kandungan antioksidan. Antioksidan adalah zat yang memperlambat karusakan sel tubuh akibat radikal bebas.
Kulit manggis juga mempunyai kandungan yang bermanfaat untuk kesehatan yaitu mengandung xanthone.Xanthone adalah subtansi kimia alami yang tergolong senyawa polyhenolic yang terdapat dalam kulit dan buah manggis. Xanthone dapat bermanfaat untuk menghambat pertumbuhan sel kanker dan tumor didalam tubuh. Kulit manggis juga mengandung mangostin. Zat antioksidan didalam buah manggis dapat untuk menetralkan lambung. Kandungan yang terdapat dikulit manggis bermanfaat bagi kesehatan kita ,biasanya kulit manggis juga dibuat dalam bentuk bubuk yang dimasukkan dalam kapsul digunakan sebagai obat herbal untuk beberapa penyakit. Dengan meminum rebusan kulit manggis juga dapat menyehatkan badan.

Yuk kita lihat beberapa manfaat buah manggis dan kulit manggis untuk kesehatan tubuh
1. Dapat menurunkan berat badan.
Buah manggis dapat digunakan untuk menurunkan berat badan karena didalam buah manggis terdapat antioksidan yang dapat membantu menurunkan barat badan. Dan bagi kita yang ingin menurkan berat badan dapat mengkonsumsi buah ini.
2. Meningkatkan daya tahan tubuh
Buah manggis dapat meningkatkan daya tahan tubuh karena di buah manggis terdapat vitamin C yang dapat membantu kita untuk meningkatkan daya tubuh.
3. Dapat mencegah penyakit kanker
Mengkonsumsi buah dan sayuran termasuk buah manggis dapat mengatasi terkena resiko penyakit kanker karena di buah manggis mengandung zat xanthones yang bersifat antiflamasi dan antioksidan.
4. Dapat mengontrol gula darah
Buah manggis dapat mengontrol guna darah karena didalam buah manggis terdapat kandungan xanthone senyawa kimia yang dapat mengontrol gula darah yang ada ditubuh kita.
5. Dapat mempercepat penyembuhan luka
Buah maggis dapat mempercepat pertumbuhan luka karena terdapat ari radang dan anti bakter yang dapat membunuh bakteri yang ada di luka tersebut dan luca tersebut cepat kering.
6. Dapat menurunkan kolestrol
Didalam tubuh kita ada kolestrol HDL dan LDL. Kolestrol LDL adalah kolestrol jahat yang sangat berbahaya bagi tubuh. Kolestrol HDL adalah kolestrol baik yang dapat melarutkan kolestrol jahat pada tubuh. Kulit manggis dapat menurunkan kolestrol LDL pada tubuh karena kandungan polifenol.
7. Dapat mencegah penuaan tinggi
Penyebab dari penuaan dini adalah radikal bebas . Radikal bebas dapat diproduksi oleh tubuh tetapi tidak jarang juga terdapat faktor dari luar yaitu sinar matahari dan gaya hidup tidak sehat. Radikal bebas dapat membuat penuaan dini sebelum waktunya. Kulit manggis dapat berkhasiat dapat mencegah penuaan dini karena kandungan kulit manggis lebih banyak dari pada buah yang lain karena terdapat kandungan xanthone yang mengandung antioksida yang tinggi melebihi vitamin C dan E
8. Dapat mengatasi jerawat
Bagi perempuan jerawat sangat menganggu untuk penampilan wajah kita. Jerawat bisa disebabkan kita sering memakan-makanan yang berlemak,waktu kita menstruasi biasanya diwajah kita akan muncul jerawat. Kita bisa mengatasi jerawat dengan kulit manggis karena dikulit manggis terdapat zat antioksidan yang dapat melenyapkan produksi relatif oksigen yang mengandung zat berbahaya.

Apakah kalian tahu? mengkonsumsi buah dan kulit manggis ternyata mempunyai efek negatif bagi tubuh. Bagi seseorang yang mempunyai penyakit gangguan pendarahan sangat berbahaya mengkonsumsi manggis karena dapat memperlambat pembekuan darah dan juga dapat meningkatkan resiko terjadinya pendarahan berulang nagi orang yang memiliki gangguan perdarahan.Mengkonsumsi buah manggis juga dapat memicu meningkatnya asam laknat. Berikut adalah tips untuk membuat air rebusan kulit manggis untuk.

Tips cara membuat air rebusan kulit manggis
1. Pilihlah buah manggis yang berwarna merah kecoklatan lalu kupas buah dari kulitnya setelah potong kecil-kecil kulit manggis.Setelah dipotong cuci kulit manggis hingga bersih lalu keringkan dibawah sinar matahari hinng 1-2 atau hingga kering
2. Siapkan 3 gelas air mineral lalu rebus dalam kompor kecil lalu masukkan kulit manggis dalam rebusan air tersebut tunggu hingga mendidih. Setelah mendidih air rebusan kulit manggis disaring agar tidak ada kotoran. Air rebusan kulit manggis sudah bisa diminum.

Buah manggis dan kulit manggis banyak yang bilang sangat bermanfaat bagi kesehatan dapat menyembuhkan beberapa penyakit. kita jangan hanya mengandalkan buah manggis untuk kesehatan, jika penyakit kita belum sembuh lebih baik kita pergi untuk memeriksanya ke dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut.Buah manggis hanya bisa membantu kita untuk mengatasi penyakit yang kita rasankan. Kulit manggis sudah dijadikan obat tradisional olah orang jaman dahulu untuk menyembukan penyakit karena orang jaman dahulu banyak yang tidak menyukai obat. Kita jangan berlebihan jika mengkonsumsi obat herbal dari kulit manggis karena apakah kulit manggis terbut menimbulkan dampak negatif pada tubuh kita. Penelitian terhadap manfaat buah manggis belum teruji kebenarannya.

Manfaat Buah Manggis Untuk Kesehatan
Scroll to top