IIK NU TUBAN

MENGATASI DAN MENCEGAH GATAL SELANGKANGAN

Oleh WAHYUNING TYAS SAFITRI – 19.12.2.149.041

Area selangkangan yang gatal biasanya tampak kemerahan atau tampak mengelupas dan bagian pinggirnya tampak kulit yang lecet,umumnya gatal di selangkangan merupakan infeksi jamur dibagian terluar dari kulit. Infeksi disebut juga ( Tinea cruris ) ini bisa juga mengenai bagian terluar dari rambut atau kuku,selangkangan merupakan salah satu lokasi jamur berkembang biak dengan cepat karena dia lembab dan juga hangat.

Area lainnya yang membuat jamur berkembang biak dengan cepat antara lain adalah paha bagian dalam dan juga bokong. Infeksi jamur pada selangkangan juga tidak jarang disertai dengan rasa nyeri.

Selain infeksi jamur penyebab lain dari gatal pada selangkangan adalah iritasi dari pakaian dalam yang terlalu ketat,kemudian infeksi bakteri pada vagina wanita yang kurang kebersihan.Gatal diselangkangan bisa menular dari satu orang ke orang lain dan sangat mudah menyebar.bisa melalui kontak langsung dari kulit kekulit karna menggunakan pakaian atau handuk yang sama dengan orang yang terkena infeksi.

Lantas bagaimana cara mengatasinya?
Timbulnya rasa gatal dapat mengganggu kenyamanan seseorang,untuk mengatasi gatal diselangkangan akibat jamur dapat menggunakan krim atau bedak anti jamur sebaiknya mencuci area yang terinfeksi dengan sabun dan air sebelum menggunakan krim dan bedak anti jamur,gunakan secara merata dan juga teratur.kemudian juga mengikuti pemakaian dengan tepat,meski gejala mereda jangan berhenti menggunakan krim dan bedak anti jamur terlalu cepat ini menghindari kekambuhan atau kembalinya infeksi.

Ketika gatal pada selangkangan akibat jamur ini digaruk maka dapat menyebabkan terjadinya infeksi bakteri,jika ini terjadi kemungkinan membutuhkan pengobatan antibiotik namun perlu diperhatikan bahwa penggunaan antibiotik harus dibawah pengawasan dokter.

Pengobatan keluhan gatal diselangkangan disesuaikan dengan penyebabnya.Obat gatal diselangkangan yang ringan tersedia dalam berbagai jenis,mulai dari Salep kemudian krim atau bedak anti jamur yang dijual bebas diapotik.

Ada juga cara mencegah dan mengatasi penularannya,yang pertama jangan berbagi baju atau handuk pada orang lain kemudian hindari terlalu lama menggunakan pakaian atau celana lembab Contohnya setelah berolahraga ataupun berenang kemudian pilihlah pakaian dalam dari bahan katun dan juga jangan menggunakan pakaian dalam atau celana yang terlalu ketat. Ketika berbelanja pakaian dalam hindari untuk mencobanya secara langsung cuci terlebih dahulu sebelum memakainya.

Tidak perlu kawatir jika kamu mengalami gatal di selangkangan utamakan kebersihan diri dan pengobatan yang tepat.

MENGATASI DAN MENCEGAH GATAL SELANGKANGAN
Scroll to top