IIK NU TUBAN

MENINGKATKAN FOKUS DAN KEMAMPUAN MOTORIK DENGAN TIDUR SIANG

Oleh Sayoga Dwi Prangga Pranata – 19122149076

Berdasarkan penelitian, tidur siang sangat dianjurkan dengan jangka waktu 15-20 menit setiap hari, Karena dapat membantu mengurangi stress dan juga dapat mengurangi resiko penyakit jantung.

Selain itu peforma kerja anda aka lebih efisien dan juga lebih fokus setelah tidur siang.

Menurut dr. Nadia Octavia dari (klikdokter), ‘’Tidur siang selama 20 menit dapat meningkatkan fokus dan meningkatkan kemampuan motorik seperti mengetik dan bermain piano.sementara itu tidur siang selama 30-60 menit dapat meningkatkan kemampuan mengambil keputusan ataupun mengingat. Dan dr. Nadia melanjutkan tidur siang selama 60-90 menit dapat meningkatan kemampuan menyelesaikan masalah dan kenerja lebih kreatif.

MEMPERKUAT OTAK DENGAN TIDUR SIANG

Penelitian baru yang diterbitkan dalam Journal of Sleep Research juga megatakan, Penelitian itu  menyelidiki efek tidur siang pada kemampuan otak untuk memproses informasi yang tidak di  sadari. Dari beberapa tahan penelitian tersebut dapat meningkatkan dalam pemrosesan otak dengan menggunakan elektroensefalogra. Para ahli pun menuturkan bahwa tidur siang pun juga dapat meningkatkan waktu reaksi,membantu proses informasi dan juga dapat mempengaruhi perilaku setelah bangun.

“Penemuan ini luar biasa karena segalanya dapat terjadi tanpa adanya suatu yang disengaja (kesadaran), yang secara implisit disajikan di bawah kesadaran para peserta,” ujar peneliti dari Universitas Bristol Medical School di Inggris yang juga pemimpin studi, Liz Coulthard.

peneliti percaya bahwa tidur siang memang dapat memberikan manfaat positif, Akan tetapi para penelitipun masih akan melakukan studi lebih lanjut tentang manfaat tidur agar mendapatkan hasil yang lebih akurat.

BERIKUT ADALAH TIPS-TIPS UNTUK BISA TIDUR SIANG :

  • SUASANA

Anda dapat mencari tempat yang nyaman atau mencari tempat yamg gelap pada siang hari,dan jika ada berada di sebuah angkutan umum anda juga dapat menggunakan menutup mata,Agar anda lebih cepat tertidur.

  • KONSISTEN

Anada perlu membuat jadwal yang rutin untuk tidur siang anda, Semisal anda dapat tidur dari jam 13.00 sampai 13.30.

  • CEPAT

Agar anda tidak mendapat teguran saat anda bekerja atau saat dalam proses mencari ilmu seperti kuliah dan bersekolah anda dapat mnggunakan waktu istirahat anda dengan tidur dan untuk mencengah keterlambatannya anda juga dapat menggunakan alaram atau sebagainya untuk membangunkan anda, Dan agar ada tidak terlalu tergesa-gesa saat bangun dari tidur,anda harus mengatur alaram di ponsel anda 15 menit atau kurang.

Sekarang teman-teman sudah tau kan manfaat tidur siang itu baik untuk otak, Apakah teman-teman berminat melakukan aktifitas sehat ini dengan cara tidur siang,tetapi ingat ya!!! Lakukan aktivitas ini dengan tetap jangan sampai berlebihan agar manfaat dari aktivitas ini tidak  hilang.

Semoga artikel yang saya buat dapat membantu keseharian anda untuk hidup sehat ya, Selamat melakukan dan semoga bermanfaat.

 

MENINGKATKAN FOKUS DAN KEMAMPUAN MOTORIK DENGAN TIDUR SIANG
Scroll to top