IIK NU TUBAN

Pentingnya Cuci Tangan Di Era Pandemi

VELA REVIYANTI – 19.12.2.149.124

Penyebaran penyakit bisa bersumber dari mana saja, termasuk kuman dan virus yang dapat menempel pada tangan dengan mudah saat kita melakukan aktifitas. Sengaja atau tidak disengaja tangan kita pasti akan memegang sesuatu saat beraktifitas,yang tidak bisa di pungkiri disitulah banyak terdapat virus dan kuman. Oleh karena itu, penting bagi seseorang untuk melakukan cuci tangan baik sebelum maupun sesudah melakukan aktifitas baik didalam maupun diluar ruangan.

Apalagi di tengah maraknya wabah COVID-19 yang melanda dunia saat ini. Penerapan cuci tangan sangat baik dilakukan untuk menghindari meluasnya penyebaran penularan virus corona ini.

Mencuci tangan merupakan salah satu tindakan untuk membersihkan jari jemari dan tangan menggunakan sabun maupun cairan pembersih lainnya dengan air bersih. Penerapan cuci tangan yang baik dan benar harus diketahui oleh anak-anak hingga dewasa. Dan untuk membiasakan hal tersebut,peran orang tua sangatlah penting, dimana dia merupakan panutan bagi anak-anaknya.

Sesuai anjuan Kementrian Kesehatan ada enam langkah mencuci tangan yang baik dan benar :

  1. Yang pertama yaitu dengan menggosok kedua telapak tangan
  2. Kemudian punggung tangan secara bergantian
  3. Selanjutnya kaitkan jari untuk membersihkan sela-sela jari tangan
  4. Langkah selanjutnya yaitu menggosok punggung jari dengan arah memutar diatas telapak tangan
  5. Lalu tak lupa jempol tangan dibersihkan dengan cara menggenggam jempol kiri dengan tangan kanan dan juga sebaliknya
  6. Dan yang terakhir bagian kuku dibersihkan dengan cara dikuncupkan kemudian digosok ke telapak tangan

Setelah melakukan enam  langkah  cuci tangan diatas menggunakan sabun atau cairan pembersih lainya jangan lupa bilas menggunakan air bersih dan keringkan.

Membiasakan diri dengan mencuci tangan sebelum dan sesudah beraktifitas merupakan salah satu upaya efektif untuk menjaga kebersihan tubuh selain menjalankan gaya hidup sehat, berolahraga dan makan makanan yang bergizi.

Disamping manfaatnya untuk membiasakan diri untuk hidup bersih,mencuci tangan juga sangat membantu mencegah penularan virus corona yang sedang merajalela saat ini.

Pentingnya Cuci Tangan Di Era Pandemi
Scroll to top