IIK NU TUBAN

Sehat Dengan Daun Pepaya

 

NUR IMAROTUS SA’ADAH

NIM: 19.12.2.149.071

Apa sih kaitanya daun pepaya bagi kesehatan tubuh?

Daun pepaya merupakan salah satu jenis sayuran yang bergizi tinggi. Disamping dapat diolah menjadi makanan dan minuman yang lezat, daun pepaya juga dapat dijadikan sebagai obat untuk beberapa jenis penyakit. Kebanyakan orang tidak suka dengan daun pepaya karena rasa pahitnya, dibalik rasa pahit daun pepaya tersimpan keunggulan yang baik bagi kesehatan tubuh kita.

daun pepaya tersebut memiliki kandungan senyawa alkaloid, yang berupa carpain sehingga memiliki rasa pahit yang sangat efektif untuk menurunkan demam, mereduksi tekanan darah, dan membunuh mikroba,

Daun papaya bisa diolah berbagai menu masakan seperti halnya dijadikan lalapan rebus, daun pepaya juga biasa diolah jadi buntil, pecel, urap, atau tumisan. Bukan Cuma bisa dijadikan menu masakan melainkan dapat diolah menjadi minuman sehari-hari dengan cara dijadikan jus daun pepaya. Di antara sejumlah menu masakan dan minuman yang dapat dihasilkan oleh daun papaya terdapat juga manfaatnya bagi kesehatan tubuh, berikut ini beberapa manfaat daun pepaya untuk kesehatan yang penting untuk diketahui :

 

  1. Dapat meredakan kram saat menstruasi

Bagi kaum wanita yang sering mengalami kram saat menstruasi bisa mencoba cara ini, langkah-langkah yang dilakukan terbilang cukup mudah.Kamu hanya perlu merebus satu lembar daun pepaya dengan tambahan garam dan asam jawa. Rebus daun pepaya sampai mendidih, lalu diamkan air rebusan hingga terasa hangat, kemudian bisa diminum langsung. Cara ini bisa menurunkan reaksi kram pada perut dan nyeri haid.

  1. Dapat menyehatkan masalah kulit

Daun pepaya kaya akan vitamin yaitu vitamin A,C,dan E. Biasanya vitamin tersebut bisa menutrisi kulit dan bisa menjadikan kulit terasa lembab.

  1. Melancarkan produksi ASI bagi ibu menyusui

Bagi ibu yang menyusui ,biasanya terdapat keluhan bahwa ASInya susah keluar, nah disini daun pepaya bisa melancarkan produksi ASI dengan cara yang sangat mudah yaitu dengan mengolah daun pepaya menjadi lalapan , atau di rebus dijadikan jus daun pepaya.

  1. Mengatasi masalah peradangan

Masalah Peradangan merupakan salah satu penyebab awal timbulnya berbagai penyakit berat dalam tubuh seperti misalnya diabetes, Mulai dari diabetes tipe 2, radang sendi, periodontitis, ISK ( Infeksi Saluran Kemih), luka lambung, bronkitis, hingga radang paru-paru. Jenis radang tersebut bisa diatasi dengan mengonsumsi daun papaya bisa dijadikan makanan maupun minuman.

  1. Mengobati Demam Berdarah

Khasiat daun pepaya ini bukanlah sekadar klaim belaka, melainkan sudah dibuktikan oleh banyak masyarakat sekitar, mereka menyebutkan salah satu keunggulan daun pepaya yaitu dapat meningkatkan jumlah trombosit dalam tubuh sekaligus menyembuhkan demam berdarah.

  1. Dapat mengatasi masalah pencernaan

Kasiat daun ini didapatkan dari kandungan zat karpin yang terdapat didalamnya dengan adanya zat tersebut dapat membasmi mikroorganisme jahat yang dapat merusak pencernaan.

  1. Dapat mengendalikan tekanan darah

Daun pepaya bisa mengendalikan tekanan darah dengan cara merebusnya bisa dikonsumsi setiap hari.

 

Nah,banyak sekali manfaat daun pepaya bagi kesehatan tubuh kita, daun pepaya ini merupakan pengobatan tradisional yang banyak dikonsumsi masyarakat,dan juga tidak ada efek sampingnya. Semoga artikel ini bermanfaat yaa : )

Sehat Dengan Daun Pepaya
Scroll to top