IIK NU TUBAN

STOP OBESITAS DENGAN BEROLAHRAGA

Oleh : Ervina Eka Fitria

Kesehatan adalah kebutuhan setiap manusia dalam menjalani kehidupannya. Kesehatan juga merupakan hal yang sangat penting karena tanpa kesehatan yang baik, maka setiap manusia akan sulit dalam melaksanakan aktivitas sehari-hari. Kesehatan adalah keadaan sehat, baik secara fisik, mental, spritual maupun sosial yang memungkinkan setiap orang untuk hidup produktif secara sosial dan ekonomis.

Dalam tulisannya, Giriwijoyo (2012) berpendapat bahwa: “Kesehatan merupakan landasan/dasar kondisi fisik yang sangat diperlukan bagi keberhasilan melaksanakan pekerjaan.” Oleh karena itu, sehat merupakan pondasi bagi kehidupan seorang manusia yang perlu dipelihara.
Ada beberapa faktor yang mempengaruhi kesehatan, dan salah satu faktor yang paling mempengaruhi adalah perilaku. Perilaku yang sehat akan menunjang meningkatnya derajat kesehatan, hal ini dapat dilihat dari banyaknya penyakit berbasis perilaku dan gaya hidup. Pendapat ini sejalan dengan pandangan Giriwijoyo dan Sidik. (2012) yaitu “Bergeraklah untuk lebih hidup, jangan hanya bergerak karena masih hidup.”

Selain daripada itu kebiasaan pola makan yang sehat juga dapat menghindarkan diri kita dari banyak penyakit, diantaranya penyakit jantung, darah tinggi, stroke, kegemukan, diabetes dan lain-lain. Sebagaimana dikemukakan oleh Dewi (2012) bahwa “Pola hidup sehat yang baik, teratur, dan selalu memperhatikan asupan gizi dalam setiap makanan.” Untuk itu perlu dibiasakan hidup teratur dengan memperhatikan segala sesuatu yang akan kita konsumsi. Baik itu dari makanan, minuman atau camilan diantara jam makan. Namun, seiring berkembangnya zaman, kesehatan menjadi hal yang kurang diperhatikan oleh masyarakat. Masyarakat terlalu sibuk dengan pekerjaannya dan terjebak dalam kebiasaan yang tidak sehat. Kebiasaan seperti duduk berlama-lama di kantor atau terlalu fokus di tempat kerja tanpa aktifitas fisik yang rutin menjadi makanan sehari-hari. Oleh sebab itu, kesehatan menjadi hal yang dinomer duakan. Hal ini berdampak langsung kepada tingkat kesehatan masyarakat. Mereka yang tidak berperilaku sehat akan terganggu kesehatannya oleh berbagai penyakit. Satu dari beberapa jenis gangguan kesehatan yang umum dialami masyarakat adalah kegemukan atau obesitas.

Obesitas adalah keadaan tubuh ketika berat badan bertambah karena timbunan lemak yang berlebih. Dalam situs wikipedia dilansirkan bahwa obesitas adalah suatu kondisi medis berupa kelebihan lemak tubuh yang terakumulasi sedemikian rupa sehingga menimbulkan dampak merugikan bagi kesehatan, yang kemudian menurunkan harapan hidup dan/atau meningkatkan masalah kesehatan. Obesitas adalah salah satu akibat daripada pola hidup yang tidak sehat seperti mengonsumsi makanan-makanan yang mengandung lemak tinggi tanpa diimbangi dengan aktifitas fisik yang sebanding. Penampilan menjadi tidak ideal karena bentuk tubuh tidak terlihat sempurna. Untuk itu, berbagai macam cara untuk menurunkan kadar lemak telah dilakukan, salah satunya dengan pengaturan pola makan, merubah gaya hidup, pemberian obat penurun berat badan, dan yang paling ekstrim adalah dengan melakukan sedot lemak.

Cara yang paling aman untuk menghilangkan lemak adalah dengan melakukan kegiatan yang sehat seperti melakukan olahraga. Olahraga adalah aktifitas fisik guna melatih kebugaran jasmani dan rohani. Aktifitas ini bisa menjadi salah satu jalan untuk menjaga kualitas hidup dan menjauhkan diri dari berbagai penyakit. Mendukung pernyataan tersebut, Giriwijoyo (2012) menyebutkan bahwa “Olahraga adalah serangkaian gerak raga yang teratur dan terencana untuk memelihara gerak (yang berarti mempertahankan hidup) dan meningkatkan kemampuan gerak (yang berarti meningkatkan kualitas hidup).”Selain itu, olahraga menjadi salah satu bagian utama dalam menjalani pola hidup yang sehat. Aktifitas ini bisa dilakukan dimana saja sesuai keinginan tergantung siapa yang melakukannya. Dengan melakukan olahraga, akan banyak dampak positif yang didapatkan, salah satunya berat badan terjaga dan kondisi tubuh akan selalu fit. Tentunya ini akan menunjang berbagai aktifitas yang dimiliki oleh seseorang. Giriwijoya (2012) mengungkapkan “Olahraga merupakan alat untuk merangsang perkembangan fungsional jasmani, rohani, dan social.” Oleh karena itu olahraga sangat dianjurkan untuk meunjang kesehatan.

STOP OBESITAS DENGAN BEROLAHRAGA
Scroll to top